This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Kamis, 08 Maret 2012

Aplikasi WEB Science

Aplikasi WEB Science Facebook adalah suatu sarana sosial yang menghubungkan orang dengan teman dan orang lain yang bekerja, belajar dan hidup di sekitar mereka. Tidak seperti ArnetMiner, yang kebanyakan pengguna Facebook adalah para mahasiswa dari Universitas, mewakili kepentingan kelompok lain dan gaya hidup. Hal ini melaporkan bahwa Facebook telah menggantikan jaringan sosial MySpace adalah No 1 di dalam kita.
Gambar tren pengunjung unik dari Facebook dan MySpace. Berdasarkan suatu analisis matematis yang sebelumnya ada dalam bagian III,dimana kita perlu menentukan parameter untuk clogn DG = + a, yang mana n adalah jumlah akun di Facebook. Menurut statistik Facebook, saat ini jumlah account aktif 175 juta dan jumlah teman rata-rata adalah 120. Perhatikan bahwa pengguna secara grafis mencerminkan distribusi power law dengan parameter β, distribusi jumlah teman diberikan sebagai berikut: λβ = i-β / ζ (β), dimana ζ (β) = Σ n-β Hasil perhitungan menunjukkan nilai β dari 2,97 yang memberikan diameter grafik sebagai fungsi dari β dengan nilai 5 2,94, independen dari jumlah node pada grafik UU Energi. Hal ini juga membenarkan bahwa pertumbuhan masa depan agar tidak meningkatkan diameter secara signifikan. Tencent QQ Tencent QQ adalah suatu alat IM dengan pengguna 783,4 m di China dan QQZone merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat halaman rumah mereka sendiri dengan mencolok zap mini model. QQ dan QQZone adalah sebuah perusahaan online yang penuh dengan remaja. QQZone dengan sistem yang menggunakan robot untuk mengumpulkan sebuah informasi dari semua teman dan semua pesan posting yang merespon terlihat. Mereka semua akan dianggap sebagai teman dari pemilik halaman dengan hubungan dekat. Statistik ini menunjukkan bahwa jumlah rata-rata teman-teman adalah 94, yang memberikan topologi grafik kaya terhubung. Dengan menggunakan model matematika persis sama diatas, kita juga menemukan derajat rata-rata nilai 3,12 pemisahan dengan parameter hukum kekuatan 2,81. KESIMPULAN • Web Science tidak selalu identik dengan Web yang isinya hanya tentang ilmu pengetahun saja, asalkan dalam suatu bagian kecil web sudah berisikin tentang sebuah informasi dan juga tentang pengetahuan, maka itu web tersebut sudah bisa dikategorikan dalam Web Science . • Teori terkenal dari enam tahap pemisahan dalam konteks komunitas online (Teori enam tahap pemisahan menyatakan bahwa setiap dua orang dipilih secara acak di dunia). Baik secara analisis maupun matematis dimana pengukuran yang digunakan untuk menunjukkan bahwa teori ini masih berlaku. Kami juga menemukan bahwa nilai maksimum dan derajat rata-rata tergantung pada karakteristik masyarakat. penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari pengaruh kelompok dalam komunitas online. Sebagai contoh, hampir 50% pengguna QQ bergabung dengan ukuran kelompok seringkali lebih besar dari 100 dan bahkan pergi ke 500. Hal ini secara signifikan akan meningkatkan jumlah rata-rata teman untuk semua anggota kelompok. Mengingat kelompok kenyataan lebih banyak dan lebih populer, ini akan sangat mungkin membawa ke tingkat pemisahan lantai. Hal lain yang menarik adalah untuk fokus hanya pada hubungan yang kuat sebagai teman sekelas, rekan, lingkungan dan menyaring orang-orang yang lemah. • FACEBOOK termasuk dalam kategori pengembangan Web 2.0 karena ditandai dengan dimulainya kegiatan sosial namun kekurangannya pada penanganan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sangat sulit.

ILmu Sosial Dasar 1

kesan terbaik ....

saya sangat bersyukur punya orang tua karena tanpa mereka saya tidak bisa duduk dibangku perguruan tinggi sehingga saya bisa kuliah dan menuntut ilmu. dan juga saya sangat senang apalagi setiap apa yang saya minta tidak pernah ditolak oleh karna saya bangga punya mereka ....
yang pasti ayah dan ibu orang yang terbaik buat saya tanpa mereka saya tidak bisa seperti sekarang
tapi kesan terbaik baik dari orang tua saya adalah mereka tidak pernah bosan menasehati saya baik siang maupun malam ....
pesan yang terbaik dari mereka yaitu :
jangan pernah menganggap setiap pekerjaan sebagai beban
tapi anggaplah pekerjaan sebagai tantangan

jangan pernah menyerah dalam mengerjakan sesuatu hal sebab belum tentu itu menjadi kengagalan...

nama : santona pakpahan
npm : 56410364
kelas : 1IA19

Semantik WEB Science

Semantik WEB Science
Disebut Semantic Web adalah teknologi baru yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi antara orang yang menggunakan terminologi yang berbeda, dimana untuk memperluas interoperabilitas database serta menyediakan berbagai alat-alat untuk berinteraksi dengan koleksi multimedia, dan juga untuk menyediakan mekanisme baru untuk mendukung ilmu pengetahuan. Dengan melibatkan para ilmuwan dalam aplikasinya diseminasi desain dan Semantic Web akan dapat memberikan suatu dukungan infrastruktur untuk sebuah revolusi dalam interdisipliner "ilmu-e." ... Namun, untuk mewujudkan potensi ini, ilmuwan dan teknologi informasi harus menemukan model baru dalam kerja sama, dan pemikiran yang baru harus dimasuk ke pendanaan dan penyebaran generasi berikutnya pada alat ilmiah di Web 4.0 Teknologi Web 4.0 Konsep Web 4.0/4.x adalah private secretary dalam bentuk organisme buatan. Setiap hari seseorang pasti mempunyai sebuah rutinitas. Apapun bentuk rutinitasnya , seluruh rutinitas tersebut bisa diketahui oleh aplikasi komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara online. Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan semuanya direcord oleh alat-alat tersebut yang nantinya akan digunakan jika ingin mengetahui informasi apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa mengingatkan, menginterupsi dan memberikan informasi manakala ada perubahan dari sebuah sechedule/rutinitas, yang membantu melakukan pencarian. Inti dari Web 4.0. dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan, dan juga bisa membantu dalam melakukan sebuah pencarian informasi dan menyimpan histori pencarian, bahkan mempertemukan orang-orang yang mencari informasi yang sama. Menurut Seth Godin dalam blognya, syarat utama teknologi Web 4.0 : 1. Ubiquity Syarat ini dibutuhkan karena mendomain dari teknologi Web 4.0 yang mana aktivitas bukan hanya sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan secara offline. 2. Identity Karena mendistribusi informasi secara spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi yang tepat mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, dan rutinitas yang dibutuhkan oleh seseorang pribadi tersebut. 3. Connection Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan ini (making connection). .

Arsitektur WEB Science

Arsitektur WEB Science
Arsitektur Webscience/Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan juga perencanaan situs yang seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web tersebut terkait dengan World Wide Web. Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan pada arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi. “Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak tersebut.  Teknologi Web 2.0 Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, inovasi dalam dunia web semakin hari semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Ini dibuktikan karena dengan adanya Teknologi Web 2.0. Istilah Web 2.0 untuk pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media, dan dipopulerkan pada konferensi Web 2.0 pertama di tahun 2004. O’Reilly Media (Dale Dougherty) berkolaborasi dengan MediaLive International (Craig Cline) mempopulerkan istilah ini dalam berbagai konferensi sejak 2004. Itulah sebabnya mengapa istilah ini kemudian terkenal, dan seakan-akan istilah ini merujuk pada suatu versi baru atau babak baru di dunia web, namun sebenarnya secara teknis tidak ada pembaharuan yang berarti pada proses teknisnya. Teknologi Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatuhkan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX. Perkembangan Web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Dalam perkembangannya Web 2.0 diaplikasikan sebagai bentuk penyajian halaman web yang bersifat sebagai program desktop, yang mana pada umumnya seperti Windows. Fungsi-fungsi pada penerapannya sudah bersifat seperti desktop, seperti drag and drop, auto-complete, serta fungsi lainnya. Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang cukup canggih dari sisi pengguna. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel). Teknologi ke depan suatu software berbasis web tidak lagi dijual melainkan suatu fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap waktu. Permasalahan manajemen file juga tidak merepotkan, bahkan file dapat disimpan dan juga dapat di-sharing dengan pengguna lain. Implementasi dari teknologi Web 2.0 dapat dilihat pada aplikasi Spreadsheet pada Google yang merupakan aplikasi untuk operasi mengolah angka seperti MS Excel. Aplikasi ini dapat dilihat pada http://spreadsheets.google.com/ , tentunya aplikasi tersebut membutuhkan suatu akun Google untuk memasukinya. Suatu Web 2.0 biasanya digunakan sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software, yang mengilustrasikan setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform, pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin mereka gunakan. Hasil dari pengembangan fitur di dalam software dapat langsung dirasakan oleh pengguna. Software ini tidak lagi dijual sebagai produk namun berupa sebuah layanan (service). Menurut Wikipedia, yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 1.0 dan Web 2.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya, sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Karakter lainnya, kolaborasi dan partisipasi pengguna ikut membantu memperkuat perbedaan pada Web 2.0. Karakteristik Web 2.0 dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut : Kemudahan berinteraksi antara user dengan sistem merupakan tujuan dibangunnya teknologi Web 2.0. Interaksi tersebut tentunya haruslah diimbangi dengan kecepatan untuk mengakses, oleh karena itu diperlukan suatu bandwith yang cukup untuk loading data. Loading data tersebut dilakukan saat pertama kali membuka web, data-data tersebut antara lain CSS, JavaScript, dan XML. Salah satu karakteristiknya adalah adanya dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS. Ketersediaan RSS akan menciptakan kemudahan untuk di-remix oleh website lain dengan menggunakan tampilannya masing-masing dan dukungan pemrograman yang sederhana. Adanya kemajuan inovasi pada antar-muka di sisi pengguna merupakan karakter dari Web 2.0. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML membuat pengguna merasakan nilai lebih dari sekedar web biasa (web dengan teknologi Web 1.0). Kombinasi media komunikasi seperti Instant Messenger (IM) dan Voice over IP (VoIP) akan semakin memperkuat karakter Web 2.0 di dalam sebuah web.

Pengertian dan Perkembangan Web Science

Pengertian dan Perkembangan Web Science WEB SCIENCE
Saat ini Internet dengan teknologi webnya sudah merupakan suatu sarana yang sangat penting dan banyak dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat, dimana tantangan yang dihadapi tidak lagi pada sisi teknis, tetapi juga sudah merambah ke arah sosial seperti budaya, bahasa, dan organisasi. Web Science diciptakan oleh seorang bernama Tim Berners-Lee yang mensupport dari berdirinya cabang ilmu ini. Tim Berners-Lee juga merupakan seorang penemu World Wide Web. Dimana website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web tersebut adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Web Science Research Initiative menyatukan akademisi, ilmuwan, sosiolog, pengusaha dan pengambil keputusan dari seluruh dunia. Dimana orang-orang akan menciptakan badan riset pertama yang multidisiplin untuk menguji World Wide Web dan menawarkan solusi praktis yang diperlukan untuk membantu suatu panduan penggunaan masa depan dan desain. Web telah merubah segalanya bahwa keterampilan yang diperlukan hari ini untuk menghasilkan wawasan dan mencapai bisnis, pemerintah dan tujuan sosial tidak bisa lagi dianggap dari perspektif spesialis saja. Ada pun juga contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah : • .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah • .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan • .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia • .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia • .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori • .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia • .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan • .web.id : bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di WWW. Teknologi Internet dan Web telah memudahkan dalam melakukan penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi, seperti : 1. Web adalah massive Dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun. 2. Web bersifat terdistribusi Teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama. 3. Web juga bersifat dinamis Sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan. 4. Web bersifat open Sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri. Hal-hal tersebut yang menjadi dorongan utama lahirnya search engine Google. Ledakan informasi tersebut membawa pergeseran teknologi dan pemanfaatan Web semakin dominan. Secara luar biasa telah terjadi pergeseran Web 1.0 ke Web 3.0 sebagai berikut : 1. Web 1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read only. 2. Web 2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan. Web dan sosial dimulai dengan lahirnya berbagai sarana seperti wikipedia, blog, friendster. 3. Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. SEJARAH WEB SCIENCE Sejarah web science dimulai dari sebuah kesepakatan antara MIT dan University of Southampton untuk menjembatani dan merumuskan serta teknis aspek-aspek sosial dari World Wide Web. Hal ini pertama kali diumumkan di MIT pada tanggal 2 Novenber 2006 sebagai Web Science Research Initiative (WSRI), yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.organisasi yang diketuai oleh Tim Berners-Lee ini bertujuan untuk mencari dukungan lebih banyak lagi dari pihak pemerintah dan swasta untuk bekerjasama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat. Jadi, saya dapat menyimpulkan bahwa web science adalah sebuah disiplin ilmu pengetahuan berbasis web yang fokus pada pengembangan kebutuhan komunikasi dan representasi. Web science sendiri terdiri dari berbagai cabang disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengkoordinasi dan meningkatkan lebih lagi pembelajaran tentang web (World Wide web).hal ini sangat diperlukan karena perkembangan web yang sangat pesat pada saat ini disadari dapat digunakan sebagai sarana untuk mengubah masyarakat kearah yang lebih baik sehingga kita semua dapat merasakan manfaat dari web secara positif.Jadi web science ini bertujuan supaya fungsi dan manfaat web dapat tepat sasaran dan tepat guna di kalangan masyarakat pada umumnya. Dengan adanya web science, masyarakat pada umumnya dapat mengakses berbagai informasi yang berhuibungan dengan ilmu pengetahuan dengan lebih mudah. web science ini lebih menekankan dalam proses penyajian data yang berhubungan dengan penyajian internet.sehingga dengan adanya web science kita semua dapat mengambil sisi positif dari berbagai perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkannya atau bahkan mengembangkannya dengan sebaik-baiknya. Proses dari web science sendiri terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat social, ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.setelah ide terealisasi, tentunya teknologi tersebut akan menimbulkan dampak atau efek mikro dan makro yang pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog. Misalnya pada proses terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet (Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan tibulnya masalah atau issues baru. Sumber referensi : http://webscience.org

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More