BAB I
PENDAHULUAN
1.1 1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan teknologi saat ini, untuk memperoleh suatu penjelasan
tentang komputasi modern amat sangat
penting. Dimana komputasi modern
adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya
dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena
pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang
komputer merupakan sebuah komputasi modern.
Saat
ini, para peneliti sudah amat menyadari pentingnya peran komputer dalam pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer memungkinkan para peneliti untuk
menciptakan laboraturium virtual dalam komputer untuk melakukan eksperimen
eksperimen yang akan mahal
sekali jika dilakukan di dalam sebuah laboraturium fisik atau bahkan tidak mungkin. Untuk melakukan eksperimen dengan menggunakan komputer
dalam konteks pengembangan e-Science di atas umumnya dibutuhkan sumber daya
komputasi yang berkinerja tinggi (atau juga dikenal dengan sebutan high
performance computing). Supercomputer memang dapat memenuhi kebutuhan para
peneliti e-Science, namun karena harganya yang mahal, hanya sedikit dari para
peneliti tersebut yang dapat memiliki dan menggunakannya.
Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, baik
dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak, saat ini sumber daya
komputasi berkinerja tinggi tidak lagi harus dipenuhi oleh komputer-komputer
berkategori supercomputer. Bahkan dengan teknologi komputer yang dikenal dengan
nama grid computing, sejumlah komputer yang lazim digunakan di perkantoran
dapat digabung untuk secara bersama-sama melakukan eksperimen seperti yang
dahulu biasa dilakukan oleh super computer.Supercomputer memang dapat memenuhi
kebutuhan para peneliti e-Science, namun karena harganya yang mahal, hanya
sedikit dari para peneliti tersebut yang dapat memilikinya/menggunakannya.
1.2 Batasan Masalah
Dalam
penulisan ini hanya membahas tentang komputasi modren,
menjelaskan arti
dan fungsi komputasi modren dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih memahami komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari
masalah yang ada, penulis akan
membagi lima kelompok yaitu : Akurasi (big, Floating point), Kecepatan (dalam satuan Hz), Problem Volume
Besar (Down Sizzing atau pararel), Modeling (NN & GA) dan Kompleksitas
(Menggunakan Teori big O). Dalam pembagian lima kelompok komputasi modern menghitung dan mencari solusi, penulis hanya menampilkan komputasi modern yang umum.
1.3 Tujuan Penulisan
Komputasi modern bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi
dan menyimpannya dalam sebuah memory. Diharapkan pada saat kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka
bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.
1.4 Metode Penulisan
Dalam pembuatan komputasi modern, penulis menggunakan beberapa
tahapan-tahapan diantaranya:
1.
Perencanaan
Pada tahap ini, penulis
menentukan konsep
dari komputasi modren.
2.
Analisa
Pada tahap ini, penulis
mencari informasi tentang komputasi modern melalui media
internet dan media informasi lainnya seperti buku.
1.5 Sistematika
Penulisan
Dalam penulisan ini, penulis
menyajikan sistematika penulisan yang di bagi dalam 4 bab, yaitu :
bab I : pendahuluan
Berisi tentang latar belakang masalah,
batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II : landasan teori
Menjelaskan tentang
komputasi modern, jenis-jenis komputasi modern serta sejarah komputasi
modern.
BAB III : PEMBAHASAN MASALAH
Menjelaskan tentang pengaruh komputasi modern pada
pengalaman pribadi serta termasuk masyarakat.
BAB IV : PENUTUP
Menjelaskan tentang kesimpulan dan saran dari seluruh penulisan yang
telah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya beserta referensi.
BAB II
landasan
Teori
2.1. Pengertian Komputasi
Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang
menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini
bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan
komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah
komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann
(1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.
Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan
berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika
nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya. Beliau juga
merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los
Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat
semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka)
di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari
solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
- Akurasi (big, Floating point)
- Kecepatan (dalam satuan Hz)
- Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
- Modeling (NN & GA)
- Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
2.2. Sejarah Komputasi Modern
Pada abad 20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih
komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah
sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak
memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern. George stibitz secara internasional diakui sebagai ayah
dari komputer digital modern. sementara bekerja di laboratorium bel di November 1937, stibitz menciptakan
dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai “model k”
(untuk “meja dapur”, di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang
pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika.
Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatikadan
kemampuan pemrograman kompleks.
2.3 Komputasi Modern sampai dengan lahirnya ENIAC
Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941)
sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating
point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di
dunia komputer itu di anggap
sebagai Turing lengkap. Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada
tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka
biner, dan regeneratif memori kapasitor. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk
menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
2.3.1 Komputer Colossus ditemukan
pada tahun 1943
Berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada
alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan
lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk
memecahkan kode perang Jerman. The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan
komputer elektromekanis dengan programmability terbatas. Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory
ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung
desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer
elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya
sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).
Secara kasar, kita dapat membagi sejarah komputasi modern ke dalam era
berikut:
- 1970-an: Timesharing (1 komputer dengan banyak pengguna)
- 1980-an: Personal komputer (1 komputer per user)
- 1990-an: Komputasi paralel (banyak komputer per user)
Sampai sekitar tahun 1980, komputer besar, mahal, dan terletak di pusat-pusat komputer.
- 1970-an: Timesharing (1 komputer dengan banyak pengguna)
- 1980-an: Personal komputer (1 komputer per user)
- 1990-an: Komputasi paralel (banyak komputer per user)
Sampai sekitar tahun 1980, komputer besar, mahal, dan terletak di pusat-pusat komputer.
2.4 Macam - macam Komputasi Modern
Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi
mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih
lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
- Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki
beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan
teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa
menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan
komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga
tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
- Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh
geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan
masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk
mengenali sistem komputasi grid, adalah :
Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak
dibawah kendali pusat. Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka. Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang
canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
- Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur
dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui
internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT
berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari
keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan
melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi
grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :
Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang
bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer. Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal
dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud. Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah
dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus. Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna,
komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan
komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
2.4.1 Perbedaan antara komputasi mobile, grid, dan cloud :
§
Komputasi mobile
menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan
komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
§
Biaya untuk tenaga
komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
§
Komputasi mobile tidak
membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud
membutuhkan tempat yang khusus.
§
Untuk komputasi mobile
proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna
mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan
jaringan internet sebagai penghubungnya.
2.5 Implementasi
Komputasi Modern
Komputasi
modern dapat diimplementasikan pada berbagai macam bidang, seperti :
Fisika :
menyelesaikan permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam
hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandiangkan hubungan antara
medan magnet dengan panjang kawat.
Kimia :
algoritma dan program komputer dapat digunakan untuk memungkinkan peramalan
sifat-sifat atom dan molekul. Kajian komputasi juga dapat dilakukan untuk
menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di
laboratorium, serta memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis
melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.
Matematika :
penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik,
scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data
mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.
Ekonomi :
mempeljarai titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based
computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi
keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan
alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
Biologi :
merupakan penerapan berupa aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer
terhadap bidang biologi molekuler.
Geografi :
komputasi awan didefinisikan sebagai sebuah model yang memungkinkan kenyamanan,
akses on-demand terhadap kumpulan sumber daya komputasi (contohnya jaringan,
server, media penyimpanan, aplikasi, dan layanan komputasi) yang konfigurasinya
dapat dilakukan dengan cepat dan disertai sedikit usaha untuk mengelola dan
berhubungan dengan penyedia layanannya.
BAB III
pembahasan masalah
Pada bab ini, penulis membuat salah satu dampak dari adanya komputasi modern adalah
dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan
menggunakan computer
3.1. Dampak
Adanya Komputasi Modern
Salah
satu dampak dari adanya komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan computer. Salah
satu contohnya adalah biometric. Biometric berasal dari kata Bio dan Metric.
Kata bio diambil dari bahasa yunani kuno yang berarti Hidup sedangkan Metric
juga berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti ukuran, jadi jika disimpulkan
biometric berarti pengukuran hidup.
Tapi secara garis besar biometric merupakan pengukuran
dari statistic analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk
menganalisa karakteristik suatu tubuh ( individu ). Nah dari penjelasan
tersebut sudah jelas bahwa Biometric menggambarkan pendeteksian dan
pengklasifikasian dari atribut fisik. Terdapat banyak teknik biometric yang
berbeda, diantaranya:
§ Pembacaan sidik jari / telapak tangan
§ Geometri tangan
§ Pembacaan retina / iris
§ Pengenalan suara
§ Dinamika tanda tangan.
3.2
Perkembangan dan Penerapan Bioinformatika
Dunia memasuki babak baru
yang diberi nama borderless world atau dunia tanpa batas.
Perkembangan teknologi yang tiada henti memungkinkan manusia untuk berekspresi
dan saling berkompetisi untuk menemukan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
yang baru.
Salah satu perkembangan ilmu yang menggabungkan aspek
teknologi informasi (TI) dan aspek biologi adalah Bioinformatika. Disiplin ilmu
yang merupakan salah satu topik paling hangat dibicarakan dewasa ini dalam
sejarahnya tak lepas dari perkembangan bioteknologi di era tahun 70-an dimana
seorang ilmuwan AS melakukan inovasi dalam mengembangkan teknologi DNA
rekombinan sehingga pada akhirnya lahir perusahaan bioteknologi pertama di
dunia, yaitu Genentech di AS.
Perusahaan ini memproduksi protein hormon insulin
dalam bakteri yang dibutuhkan penderita diabetes dimana selama ini insulin
hanya bisa didapatkan dalam jumlah sangat terbatas dari organ pankreas sapi. Definisi Bioinformatika menurut Fredj Tekaia dari
Institut Pasteur adalah: “metode matematika, statistik dan komputasi yang
bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah biologi dengan menggunakan sekuen
DNA dan asam amino dan informasi-informasi yang terkait dengannya”.
Salah satu pencapaian besar dalam metode
Bioinformatika adalah selesainya proyek pemetaan genom manusia (Human Genom
Project). Selesainya proyek raksasa tersebut menyebabkan bentuk dan
prioritas dari riset dan penerapan Bioinformatika berubah. Secara umum dapat
dikatakan bahwa proyek tersebut membawa perubahan besar pada sistem hidup kita,
sehingga sering disebutkan –terutama oleh ahli biologi—bahwa kita saat ini
berada di masa pascagenom.
Tahun 1997, Ian Wilmut dari Roslin Institute dan PPL
Therapeutics Ltd, Edinburg, Skotlandia, berhasil mengklon gen manusia yang
menghasilkan faktor IX (faktor pembekuan darah), dan memasukkan ke kromosom
biri-biri. Diharapkan biri-biri yang selnya mengandung gen manusia faktor IX
akan menghasilkan susu yang mengandung faktor pembekuan darah. Jika berhasil
diproduksi dalam jumlah banyak maka faktor IX yang diisolasi dari susu harganya
bisa lebih murah untuk membantu para penderita hemofilia.
3.3 Implementasi
Komputasi Modern Dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari dimana pengimplementasian komputasi modern
diterapkan pada teknologi mobile computing. Salah satunya dengan menggunakan
PDA (Personal Digital Assistant) pertama kali dikenalkan untuk menggantikan
organizer konvensional (agenda). Dimana dulu orang menggunakan agenda untuk
mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon, atau untuk membantunya dalam
mengingatkan hal-hal yang penting baginya.
Tetapi
dengan bertambah pesatnya perkembangan teknologi komputer, dengan ditemukan dan
diperkenalkannya organizer elektronik atau sering disebut juga dengan PDA
(Personal Digital Assistant), maka orang-orang sekarang mulai menggantikan
organizer konvensional tersebut dengan PDA untuk membantunya dalam aktivitas
sehari-hari. Tetapi dalam perkembangannya, perusahaan pembuat PDA tersebut
memperbaiki kemampuan PDAnya.
Dari
segi software (sistem operasi maupun aplikasinya) dan segi hardware (kecepatan
procesor,layar berwarna, memori yang besar) juga dari segi bentuk fisik yang
semakin kecil. Selai itu sekarang PDA juga telah ditambah berbagai fasilitas
yang menarik seperti kemampuan untuk membuat jaringan tanpa kabel (wireless),
kemampuan untuk berfungsi sebagai telepon selular, maupun sebagai kamera
digital.
Dilihat
dari kemampuan yang sangat luas dari sebuah PDA maka tidak menutup kemungkinan
PDA akan menggantikan posisi notebook yang sangat besar dalam melakukan
pekerjaan yang memerlukan komputer tetapi selalu berpindah-pindah (mobile).
BAB IV
PENUTUP
4.1.Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang ditulis pada bab-bab
sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa bahasan diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa
ilmu Komputasi Modern itu dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu seperti
ilmu Bioinformatika ini. Jadi, tidak menutup kemungkinan ilmu Komputasi Modern
ini dapat berkembang lebih pesat menjamuri berbagai disiplin ilmu lainnya.
4.2
Saran
Selain kelebihan yang
telah diuraikan diatas, Pada kehidupan manusia jaman sekarang yang teknologinya makin berkembang,
sehingga pekerjaan manusia bisa lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. Dari
banyaknya keuntungan yang didapat dari adanya perkembangan teknologi komputasi
ini ternyata ada juga dampaknya yaitu, struktural pada kehidupan manusia dan
dapat membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Sehingga
yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman
yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru
tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasihttp://phenomenalsite.co.cc/?p=46
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718762
http://www.scribd.com/doc/24593215/SEJARAH-KOMPUTASI
http://mohd-ridhwan.com/learning/?page_id=35
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/komputasi-modern-33/
http://www.scribd.com/doc/24593215/SEJARAH-KOMPUTASI
http://irmamino.wordpress.com/2011/02/22/tugas-softskill-komputasi-modern/
0 komentar:
Posting Komentar